Selasa, 11 Desember 2018

Pelatihan dan Pengembangan SDM


Softskill Manajemen Sumber Daya Manusia #

Kelompok 4:
Anis Nursalamah
Endah Dwi Rahayu
Gigih Dojantara
Restu Amalia



Pertanyaan :

1. Kelompok 5

  • Apakah untuk karyawan lama perlu diadakannya pelatihan? Bagaimana pelatihan yang efektif untuk seluruh karyawan?
Ya, karyawan lama perlu dilakukan pelatihan. Namun bukan seperti pelatihan awal bagi karyawan baru melainkan jika perusahaan sedang melakukan perkembangan atau perubahan sistem di perusahaannya. Menurut kelompok kami, pelatihan yang efektif yaitu melakukan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan. Contohnya jika perusahaan sedang mengembangkan sistem informasi maka hanya pelatihan mengenai sistem informasi itu yang dilakukan, supaya juga mengefektifkan biaya pelatihan.

  • Hubungan istimewa antara perusahaan dan karyawan seperti apa ?
1) Faktor kepemilikan atau penyertaan yaitu hubungan istimewa yang dianggap ada apabila terdapat hubungan kepemilikan berupa pernyetaan modal sebesar 25% atau lebih.

2) Faktor penguasaan yaitu melalui manajemen atau penggunaan teknologi. Hubungan istimewa antara pengusaha dapat juga terjadi karena adanya penguasaan melalui manajemen ataupun penggunaan teknologi, meskipun tidak terdapat hubungan kepemilikan. Hubungan istimewa ada apabila satu atau lebih perusahaan berada dibawah penguasaan yang sama. Demikian juga hubungan antara beberapa perusahaan yang berada dalam penguasaan pengusaha yang sama tersebut.


2. Tania
  • Perusahaan mengadakan riset, jika gagal apakah perusahaan sudah mengira-ngira biaya kerugian riset? Apa nama biaya kerugian tersebut?
Menurut kami, penelitian yang gagal dikarenakan apa yang direncanakan tidak sesuai dengan realita maka dari itu dalam melakukan penelitian memang harus spesifik dalam merencanakan semua hal dari berbagai aspek dan meminimalisir kegagalan tersebut. Jika penelitian tersebut gagal, anggaran yang digunakan akan menjadikan rugi walaupun begitu perusahaan tetap memasukan biaya tersebut ke dalam biaya penelitian dan pengembangan.

3. Maul
  • Pelatihan vestibule itu apa?
Vestibule adalah sebuah metode yang digunakan untuk melakukan training/pelatihan kerja. Vertibule adalah metode yang menggunakan sebuah tempat terpisah atau ruangan isolasi yang digunakan sebagai tempat pelatihan bagi pegawai baru/calon pekerja yang akan menduduki suatu pekerjaan.


Pertanyaan dari kelompok kami buat Mahasiswa yang hadir :

1. 3 Hal apa yang mendasari seseorang karyawan di promosikan?
  • Prestasi kerja
  • Prestasi senioritas
  • Prestasi kerja dan senioritas.
2. Poin apa saja yang ada di orientasi pekerjaan baru?

  • Perkenalan 
  • Penjelasan tujuan 
  • Sosialisasi kebijakan
  • Jalur komunikasi
  • Proses monitoring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar